Belajar dari Rumah

Banyak upaya dilakukan pemerintah dan berbagai pihak seperti gereja untuk menangani penyebaran covid-19. Tentu saja itu berimbas juga pada berbagai aktivitas masyarakat, termasuk para pelajar seperti anak-anak di Panti Asuhan Ceria,.

Mendampingi Lia (kaos kuning/grey) dalam kelas online

Proses Belajar Dari Rumah (BDR) atau kelas online itu berlangsung dengan memanfaatkan berbagai media online untuk proses belajar mengajar dengan memanfaatkan tethering dari ponsel untuk mengakses internet pada laptop. Guru mengirimkan link materi berupa video dan penjelasan yang harus dipelajari oleh tiap siswa, juga soal-soal latihan yang harus mereka kerjakan dan kumpulkan.

Aris (Kaos coklat) serius mengikuti kelas onlinenya

Untungnya tidak semua anak harus belajar secara online, karena selain satu notebook untuk mereka yang kuliah, kami hanya bisa menggunakan dua laptop pribadi . Tentu saja kami akan kerepotan kalau semuanya harus belajar online tiap pagi hingga siang. Ada anak lain yang mendapat tugas untuk nantinya dikumpulkan saat kegiatan belajar mengajar di sekolah sudah berjalan normal. Seperti Mery Seko, pelajar SMK yang punya tugas membuat berbagai gambar desain model pakaian.

Mery (kaos hitam) ditemani temannya Agus memilih gambar beberapa desain baju

Aris dan Lia mengaku senang bisa mengikuti kelas online dan berharap suatu saat nanti Panti Asuhan Ceria bisa memiliki laptop atau komputer sendiri sehingga tiap anak bisa belajar menggunakan komputer. “Senang dan sangat berharap suatu saat panti ini bisa mendapat bantuan sejumlah laptop atau komputer dimana kami bisa belajar menggunakan komputer,” ungkap Lia.  

Karena rata-rata dari anak di Panti Asuhan Ceria belum bisa menggunakan komputer atau laptop, maka mereka harus ditemani terutama saat mengcopy,  download atau mengakses link tertentu. Menyenangkan karena bisa sekalian mengajari mereka menggunakan komputer.

Senada dengan Lia, Aris juga berharap dengan kesempatan belajar komputer, bukan tidak mungkin terbuka kesempatan buat anak usia sekolah di sekitar Desa Noelbaki yang bisa ikut belajar atau kursus komputer di Panti Asuhan Ceria. “Mungkin teman-teman dari sekitar panti ini bisa mendapat kesempatan belajar komputer,” kata Aris (enythaipen)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s